Home » » Cara Menangani dan Mencegah Kram ?

Cara Menangani dan Mencegah Kram ?

Terkadang kram itu menyebalkan sekali kan? karena kram itu sakit sekali, benar-benar sakit, lalu bagaimana cara menanganinya? agar tidak sakit lagi? dan bagaimana cara mencegah terjadinya kram?  Nah simak ya artikel berikut ini :)

Gerakan pelemasan (stretching) dan pemijatan biasanya dapat meredakan serangan kram. Obat pengurang sakit biasanya tidak bermanfaat karena tidak cukup cepat bekerja. Namun, pengurang sakit seperti paracetamol mungkin bermanfaat meringankan nyeri dan lemas otot yang kadang masih berlangsung hingga 24 jam setelah hilangnya kram.

Pemberian obat spray berisi chlorethyil bermanfaat sebagai anestesi lokal yang bekerja cepat namun berjangka sangat singkat. Diharapkan dengan penghilangan rasa nyeri otot memiliki kesempatan untuk merelease spasme/kejang yang terjadi.

Dan untuk pencegahannya,  anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut 
  • Beritahu dokter bila kram kemungkinan disebabkan oleh konsumsi salah satu obat di atas. Dokter dapat memberikan obat alternatif.
  • Minum setidaknya enam gelas penuh setiap hari, termasuk satu gelas sebelum tidur. Juga perbanyak minum sebelum, selama dan setelah berolah raga.
  • Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium. Makan satu atau dua buah pisang sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan potasium Anda.
  • Bila Anda sering mengalami kram saat tidur, lakukan gerakan pelemasan pada otot-otot betis sebelum tidur. Caranya adalah dengan berdiri sekitar 60-90 cm dari dinding, lalu condongkan badan ke arah dinding dengan telapak kaki tetap di tempat. Lakukanlah beberapa kali. Anda mungkin perlu beberapa hari melakukannya sampai efeknya terasa.
  • Tidurlah dengan posisi yang mencegah otot betis Anda tertekan tanpa disadari:
    • Gunakan bantal untuk menyangga telapak kaki saat Anda tidur telentang.
    • Bila Anda tidur tengkurap, posisikan telapak kaki menggantung di ujung kasur.
    • Usahakan selimut tetap longgar di bagian kaki agar jari-jari dan kaki telapak tidak menghadap ke bawah saat tidur.

--sekian--

special thanks for
goresan-kecil-chara.blogspot.com
http://majalahkesehatan.com/

1 komentar:

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger