Home » , , » Apa itu Squid pada Jaringan ?

Apa itu Squid pada Jaringan ?

Bagi anda yang belajar tentang jaringan pasti anda tidak asing lagi dengan yang namanya squid. Nah sudah pada tahu belum tentang SQUID? yang sudah tahu boleh bertukar informasi, kalo yang belum tahu , mari kita belajar tentang Squid.

Squid adalah sebuah program yang digunakan sebagai proxy server dan web cache. Squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web dengan melakukan caching permintaan yang berulang-ulang, caching DNS, caching situs web, dan caching pencarian komputer di dalam jaringan untuk sekelompok komputer yang menggunakan sumber daya jaringan yang sama, hingga pada membantu keamanan dengan cara melakukan penyaringan (filter) lalu lintas. Squid ini sering digunakan sebagai progam untuk mengamankan jaringan.

 Meskipun seringnya digunakan untuk protokol HTTP dan FTP, Squid juga menawarkan dukungan terbatas untuk beberapa protokol lainnya termasuk Transport Layer Security (TLS), Secure Socket Layer (SSL), Internet Gopher, dan HTTPS. Versi Squid 3.1 mencakup dukungan protokol IPv6 dan Internet Content Adaptation Protocol (ICAP).

Squid pada linux memang sering digunakan untuk proxy pada server. Selain berfungsi sebagai penyimpan cache sebuah alamat website, squid juga dapat menyaring mana website yang di perbolehkan dikunjungi (allow) dan mana website yang tidak diperbolehkan dikunjungi (deny)

Squid umumnya didesain untuk berjalan di atas sistem operasi mirip UNIX, meski Squid juga bisa berjalan di atas sistem operasi Windows. Karena dirilis di bawah lisensi GNU General Public License, maka Squid merupakan perangkat lunak bebas.

special thanks for 
Wikipedia
goresan-kecil-chara.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger