Home » , , » Apa Itu Bersin ?

Apa Itu Bersin ?

Sedikit di sini kita akan membahas seputar bersin, sesuatu yang kecil dan di anggap remeh, yang sebenarnya sangat luar biasa , baik dalam segi bagaimana kita bisa bersin, atau pun fakta-fakta menarik lain mengenai bersin tersebut, semoga bermanfaat.

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin. 


Dalam ilmu Sains

Bersin merupakan reaksi penyesuaian karena ia menyingkir ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dan membersihkan rongga hidung. Saat bersin, lelangit "palate" lembut dan uvula lendut sementara belakang lidah naik untuk menutup sebagian rute ke mulut agar udara yang disingkirkan dari paru-paru bisa dikeluarkan melalui hidung. Sejumlah besar udara ini biasanya juga dikeluarkan melalui mulut
Bersin biasanya sering dihubungkan dengan penyakit influenza. Tetapi sebenarnya ini bukan hanya gejala penyakit influenza saja ini juga merupakan gejala penyakit pernapasan (misalnya rhinitis, dan selesma) Maka disarankan menutup mulut dan hidung ketika bersin dengan lengan baju atau saputangan untuk mencegah ingus dan partikel lainya keluar mengenai orang lain.

Suara yang biasa di keluarkan oleh orang yang sedang bersin disebut Onomatope, yang dalam bahasa Inggris untuk suara bersin adalah "achew!", "atisshoo" dan "achoo". Suku kata pertama sesuai dengan hirupan udara, dan suku kata kedua sesuai dengan suara bersinnya.

Nah bagaimana , ternyata bersin adalah sesuatu hal yang luar biasa kan? hanya saja kita sendiri sering menganggap remeh seputar bersin tersebut,  semoga sedikit informasi yang telah kami berikan dapat bermanfaat, 

--sekian--

special thanks to
wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger