Home » , , » Ternyata Menangis itu Menyehatkan

Ternyata Menangis itu Menyehatkan

Katanya mengangis itu menyehatkan ? benerkah itu? kalo memang menyehatkan memang menyehatkan dalam segi apa? naah disini saya akan  sedikit menjelaskan tentang artikel Menangis Itu Menyehatkan semoga bermanfaat. :)

Terkadang saat kita menghadapi masalah yang amat sangat berat, kita terkadang menitihkan air mata, ternyata itu termasuk cara yang tepat lo, air mata yang anda teteskan itu ternyata menyehatkan di bandingkan anada pendam sendiri dan anda berusaha untuk mengumpatnya.

Dari beberapa artikel dimana menurut Dr. William Frey dari Minnesota, menangis membuat seseorang merasa lebih baik karena air mata yang keluar berfungsi menghapus ketegangan syaraf pada tubuh, yang salah satu penyebab dari stress karena beban masalah yang ditanggung. Katanya lagi air mata itu ada 2 macam, air mata iritasi dan air mata emosional (air mata yang keluar karena dorongan emosional)

Logikanya begini, ibaratnya stress ibarat seperti racun, maka kalau ga dikeluarkan dari tubuh akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan proses biologis lainnya. Nah.. proses pengeluaran racun itu biasanya melalui keringat dan air mata atau menangis. Memang sih kalau ada masalah berat banget pasti menangis abis puas nangis trus jadi lega… ternyata menangis itu selain melegakan juga menyehatkan.

Orang merasa jauh lebih baik menangis saat emosional karena air mata yang keluar mengandung lebih banyak protein termasuk hormon penyebab stress.

Dengan menangis air mata yang keluar akan menstimulasi produksi hormon endorphin yang memunculkan rasa lega dan merasa lebih baik di dalam perasaan.

Kebanyakan orang mengatakan mereka merasa lebih baik setelah menangis, dan tangis kebahagiaan, kesedihan, mungkin merupakan jalan keluar yang sangat sehat untuk mengatasi stress. Tangis kebahagiaan, yang mengurangi emosi- emosi hebat yang disebabkan oleh peristiwa bahagia. Tetapi tangisan emosional sepertinya juga mampu mengurangi stress dalam cara yang lebih halus.

Para peneliti Universitas Minnesota yang mempelajari komposisi bahan- bahan kimia air mata telah mengisolasi dua bahan kimia penting yaitu leucinenkephalin dan prolactin dalam cucuran air mata emosional. Menurut para peneliti, leucinenkephalin mungkin merupakan endorphin, yang merupakan pembebas rasa sakit alami yang dilepaskan oleh otak ketika menghadapi serangan stress.

Dengan kata lain, menangis sepertinya menjadi cara yang sesuai dalam memberikan reaksi terhadap ancaman stress. Sebaliknya, menahan tangis mungkin berbahaya bagi kesehatan kalian. Sangat mungkin bahwa laki- laki dapat meperkuat stress yang berhubungan dengan penyakit karena mereka tidak menangis sebebas yang biasa para wanita melakukan.

Jadi jika merasa ingin menangis, biarkanlah air mata mengalir membasahi pipi kalian.
Katanya sih para psikolog merekomendasikan ke pasiennya untuk menangis sebagai langkah awal untuk memulai penyembuhan stress.

Jadi jangan bilang yang suka menangis saat emosional itu cengeng ya… ternyata menangis saat emosional jauh lebih sehat dibanding yang menahan tangis dan meluapkan emosi dalam bentuk lainnya.

--sekian--
goresan-kecil-chara.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger