Home » , » Mengapa ya Daun Berwarna Hijau?

Mengapa ya Daun Berwarna Hijau?

Naah udah tahu belum mengapa hampir kebanyakkan dari daun itu kok berwarna hijau? dan kenapa juga daun yang jatuh dari pohonnya bisa berubah warna menjadi coklat, kenapa juga tidak semua daun berwarna hijau, ? udah tahu semua belum? Naah disini mari kita bahas. tapi pertama kali untuk artikel saya kali ini saya akan membahas mengenai mengapa daun berwarna hijau?

Ada beberapa pendapat mengenai mengapa daun berwarna hijau? salah satunya seperti yang saya kutip dari salah satu blog menyebutkan bahwa, 

Sel tumbuhan membutuhkan makanan berupa zat gula. Zat gula tersebut dibuat di dalam kloroplas yang banyak terdapat pada daun. Sebagian besar kloroplas berwarna hijau, dan disebut klorofil. Karena banyaknya klorofil pada daun, maka warna daun pun menjadi hijau.

Lalu dari mana daun mendapatkan bahan untuk membuat zat gula? Zat gula diperoleh dari sinar matahari, dari karbondioksida yang diembuskan napas kita, dan air. Ketiga bahan itu diolah oleh daun menjadi zat gula dan oksigen di dalam kloroplas. Itulah yang kemudian disebut proses fotosintesis. Zat gula yang dihasilkannya akan menjadi makanan daun, sedang oksigen yang dihasilkannya akan digunakan manusia untuk bernapas.

Nah di salah satu blog saya pun menemukan artikel yang memiliki pandangan berbeda walaupun emang tak jauh berbeda sebenarnya, dalam blog itu di jelaskan seperti ini,.

Daun   terlihat berwarna hijau karena daun banyak mengandung figmen klorofil. Cahaya matahari (cahaya tampak) jika diuraikan sebenarnya terdiri dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang berbeda yang dengan bantuan prisma kita bisa mendeteksinya sebagai cahaya merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila dan ungu (Mungkin seperti pelangi gitu). Klorofil menyerap cahaya merah dan biru-ungu yang berguna dalam reaksi terang fotosintesis, sedangkan cahaya kuning, hijau dipantulkan. Itulah kenapa daun tampak berwarna hijau.

Nah mungkin sedikit itu bagi siapa saja yang sedang penasaran kenapa ya? daun itu hampir kebanyakan berwarna hijau? Sekarang sudah tahu bukan? semoga sedikit artikel ini bermanfaat,

--sekian--


special thanks for
http://profgg-profgg.blogspot.com/2011/12/mengapa-daun-berwarna-hijau.html

http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/2011/08/mengapa-daun-berwarna-hijau.html


0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger