Home » , » Alasan Kenapa Burung Bisa Terbang !

Alasan Kenapa Burung Bisa Terbang !

"Kenapa burung bisa terbang ?". Pertanyaan seperti itu mungkin sering kita dengar. Meski terlihat aneh dan tidak penting. tentu kebanyakan orang akan menjawab "Karena mereka memiliki sepasang sayap !" . Memang jawaban anda tidak salah, tapi pernahkah anda berfikir tentang penjelasan dari sudut pandang biologi maupun fisikanya ? Nah berikut kami siapkan artikel nya.

Gambar Elang Terbang
Tidak salah bila kita menjawab "Burung bisa terbang karena burung memiliki sepasang sayap". Burung memang menggunakan sepasang sayapnya untuk terbang. Tapi tak semua yang memiliki sepasang sayap bisa terbang seperti ayam, dan angsa. Meski ayam memiliki sayap tapi ayam tidak bisa terbang bebas seperti burung. Ada faktor yang sangat penting yang membuat burung bisa terbang. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya, simak ya !

A. Dilihat dari sudut pandang biologi
Berikut adalah alasan secara biologis bagaimana burung bisa terbang, 
  1. Sunsunan tulang rangka pada burung sangat ringat bahkan ada burung yang berat tulangnya lebih ringan dibanding kan dengan berat seluruh bulu ditubuhnya. Walaupun tulang rangka burung ini sangat ringan, akan tetapi rangka ini sangat kuat. Inilah salah satu alasan kenapa burung memiliki kemampuan untuk terbang di udara. Tulan paling besar dan paling berat pada burung adalah pada bagian dada dan bahunya, Hal ini berfungsu untuk menambah kekuatan sayap pada burung.
  2. Burung memiliki susunan otot yang kuat. Tulang yang kuat tidak ada artinya jika tidak didukung oleh susunan otot yang kuat juga. Otot-otot ini mampu mengontrol sayapnya dengan baik.
B. Dilihat dari sudut pandang fisika
  1. Agar sebuah benda dapat melayang di udara, tekanan udara yang berada di atas permukaan benda tersebut harus lebih kecil dari pada bagian bawah. Nah, kalau kita perhatikan airfoil yang dimiliki oleh burung, kita bisa melihat bahwa tekanan di bagian atasnya lebih kecil dibanding di bawahnya. Inilah alasan kenapa burung bisa terbang.
  2.  Faktor lain yang menjelaskan kenapa burung bisa terbang adalah kecepatan burung itu sendiri. Semakin cepat gerakan si burung maka akan semakin tinggi terbangnya. Dan cara untuk mempercepat gerakannya tentu saja dengan mengepakkan sayapnya lebih cepat.
Nah diatas adalah keterangan singkat tentang bagaimana burung bisa terbang, akhirnya kita punya jawaban yang rasional untuk menjawab pertanyaan kenapa burung bisa terbang. semoga bermanfaat



1 komentar:

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger