Cara menginstall software
“Adobe photoshop CS 2”
Di linux “ubuntu “10.10”


Sebelum kita memulai cara penginstallan aplikasi Adobe Photoshop CS2 pada linux mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Adobe Photoshop CS2?
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh  fotografer  digital  dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan  aplikasi  ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
Photoshop tersedia untuk Microsoft WindowsMac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver

Setelah kita pahami sedikit tentang photoshop mari kita pahami bagaimana kah cara penginstallan nya di dalam linux ubuntu 10.10 seperti milik saya denga menggunakkan Wine. Tapi sebelumnya kita pahami juga apa itu wine.

Wine merupakan emulator yang dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Windows di Linux. Wine sendiri juga menyediakan situs yang bernama Wine Application Database yang menyediakan daftar aplikasi dan game yang dapat diinstal di Wine lengkap dengan petunjuknya. Bukan hanya itu, kita juga dapat menulis atau membuat review mengenai pengalaman kita menginstal aplikasi atau game Windows dengan bantuan Wine pada situs tersebut.
Untuk cara penginstallan wine ada tiga cara yang saya (chalid ade rahman)  ketahui. Bila kita menggunakkan ubuntu 10.10.
Cara pertama _ kita menggunakkan media online dalam ubuntu software center
1.       Pertama –tama kita klik menubar “aplication” pada menubar di atas pojok kiri.
2.      Lalu pilih icon paling bawah sendiri yang bertuliskan “ubuntu software center” , klik pada icon tersebut.
3.      Setelah itu pada “search engine” dalam ubuntu software center kita tuliskan “wine” lalu tekan search.
4.      Setelah di tekan search maka akan muncul wine. Kita tinggal klik pada semua icon yang ada hubungannya dengan wine tersebut dan kita install.
5.      Setelah kita install wine sudah siap di gunakan J
Cara kedua _ kita menggunakkan media online dalam terminal root
1.       Pertama kita klik terlebih dahulu menubar aplikasi, lalu klita pilih acessoris, lalu klik pada icon terminal root.
2.      Setelah kita klik masuk ke “super user “ atau root dengan cara mengetikkan “sudo –i”
Seperti gambar berikut :

3.      Masukkan password user,
4.      Setelah di masukan password dan bila benar, kita lanjutkan dengan mengetikkan “sudo apt-get update”,

 ini digunakkan untuk mengupdate database software-software secara online, tapi bersabarlah karna untuk proses pengupdatean ini memakan waktu yang cukup lama.
Seperti gambar berikut :


5.      Setelah proses update selesai , kita lanjutkan dengan mengetikkan
“sudo apt-get install wine” , setelah kita ketikan tersebut tekan enter untuk mengeksekusinya.
Setelah di enter maka akan muncul proses kembali. Proses ini adalah proses pengambilan datawine dari internet melalui terminal. Proses juga akan memakan waktu yang cukup lama.

6.      Setelah selesai, maka akan muncul tampilan GUI di dalam terminal seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
7.     
8.      Setelah muncul gambar seperti di atas kita tinggal klik arah kanan pada keyboard untuk memindahkan pilihan ke “OK”
9.      Setelah di OK maka akan mucul tampilan baru seperti gambar di bawah ini. Klik arah kiri pada keyboard untuk memilih “OK” lalu enter.
10.   Setelah di enter maka akan muncul proses yan berjalan kembali. Tunggu proses ini selesai dan setelah selsesai program wine sudah dapat anda gunakkan.
Keterangan : pada web-web yang saya searching lewat media online mereka kebanyakkan sebelum menggunakkan perintah “sudo apt-get update” mereka menggunakkan perintah “sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa  “ terlebih dahulu. Tapi menurut saya sudah cukup tanpa itu.
Cara ketiga _ kita tanpa menggunakkan media online dalam terminal root
1.       Pertama kita klik terlebih dahulu menubar aplikasi, lalu klita pilih acessoris, lalu klik pada icon terminal root.
2.      Setelah kita klik masuk ke “super user “ dengan cara mengetikkan “sudo –i”
Seperti gambar berikut:

3.      Setelah itu Masukkan password user,
4.       Setelah itu kita masuk ke dalam folder dimana program wine kita di simpan. Kebetulan letak file wineku ada di dalam desktop jadi untuk masuk desktop kita gunakkan perintah “cd /home/user” setelah di enter maka kita sudah berada di dalam directori user (user di sini hanyalah sebagai contoh karna nama user ini tergantung nama user kita) setelah itu lalu kita ketik “ls” untuk melihat directory apa sajakah yang ada pada directory user tersebut. Kita masuk ke “cd Desktop” untuk masuk kedalam Desktop. (huruf  kapital  sangat berpengaruh untuk masuk kedalam directory pada linux. Dan ada sebagian yang “Desktopnya” tidak bertuliskan demikian tapi bertuliskan “Destop” untuk itu kita menggunakkan perintah “ls” untuk memastikan”) bila pada ubuntu saya, saya menggunakkan “Desktop” jadi kita masuk ke desktop melalui perintah “cd Desktop” setelah masuk destop masuk ke folder “wine”.
Seperti gambar di baawh ini :

5.      Setelah masuk folder wine kita ketikkan perintah seperti berikut
“sudo dpkg –i *.deb”  (kita gunakkan *.deb itu untuk menginstall semua software yang berformat “.deb” pada folder wine tersebut.
Seperti gambar di bawah ini :

6.      Setelah di enter maka akan memulai proses pengextrakkan dan penginstallan semua software yang berformatkan “.deb” pada folder wine tersebut. Tunggu proses selesai mungkin memakan waktu yang cukup lama juga. Setelah selsai proses maka akan muncul tampilan GUI persis seperti penginstallan lewat online seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Seperti gambar di bawah ini:

7.      Setelah muncul gambar seperti di atas kita tinggal klik arah kanan pada keyboard untuk memindahkan pilihan ke “OK”
8.      Setelah di OK maka akan mucul tampilan baru seperti gambar di bawah ini. Klik arah kiri pada keyboard untuk memilih “OK” lalu enter.

9.      Setelah di enter maka akan muncul proses yan berjalan kembali. Tunggu proses ini selesai dan setelah selsesai program wine sudah dapat anda gunakkan

Kita sudah memahami bagaimana cara penginstallan wine. Sekarang kita pahami juga bagaimana cara penginstallan Adobe Photoshop CS2 menggunakkan aplikasi wine tersebut. Caranya sangat mudah, berikut akan saya jelaskan.
Penginstallan Adobe Photoshop CS2 menggunakkan Wine
1.       Siapkan file instaler Adobe Photoshop CS2 nya
2.      Klik kanan pada setup installernya. Setelah di klik kanan pilih open with dan pilih wine.
3.      Setelah kita pilih wine maka kita akan menginstall biasa layaknya menginstall di windows, tapi di sini saya akan jelaskan. Meski sama dengan windows.
4.      Jadi setelah muncul tampilan seperti gambar berikut.

5.       Tunggu hingga loading selesai, setelah selsai maka akan muncul kotak dialog baru seperti gambar di bawah ini.

6.      Setelah muncul gambar seperti diatas. Klik next untuk melanjutkan. Telah kita klik next maka akan muncul kotak dialog baru lisence agrement seperti gambar di bawah ini. Klik Accept untuk melanjutkan penginstallan

7.      Setelah kita klik Accept, maka akan muncul kotak dialog baru Adobe Photoshop CS2 setup seperti gambar  berikut. Kita pilih “install 30-day trial” lalau kita klik next untuk melanjutkan, dan setelah kita next maka akan mun Kotak dialog baru seperti gambar berikut

8.      Setelah muncul kotak dialog seperti gambar di atas pilih program installan ini akan di taruh di mana, biasanya standart kita menaruhnya mdi c: (peletakkan menurut wine). Setelah kita menentukkan letak di mana program ini di install kita klik next, setelah di klik maka akan muncul kotak dialog baru seperti gambar di bawah ini.

9.      Ini adalah kotak dialog association file kita dapat menentukkan extensi apa aja yang nantinya akan di baca oleh Adobe Photoshop CS2 ini. Bila kita menggunakkan secara default kita tinggal klik next untuk kembali melanjutkan proses penginstallan. Setelah kita klik next maka akan muncul kotak dialog baru lagi seperti berikut:

10.   Ini adalah kotak dialog yang menanyakkan kepada kita “sudah siapkah kita untuk memulai menginstall” klik install untuk memulai penginstallan. Setelah kita klik install maka akan muncul kotak dialog baru seperti gambar berikut.

11.    Tunggu prosess penginstallan selesai. Dan setelah itu selesai maka akan muncul kotak dialog baru lagii seperti berikut. Tunggu juga proses penginstallan hingga selesai

12.   Bila sudah selesai maka akan muncul kotak dialog seperti berikut. Klik finis untuk menyudahi penginstallan. Install Adobe Photoshop CS2 telah selesai dan letak program ini pada menubar aplikasiè wine è windows software è Adobe Photoshop CS2


 selamat mencoba :)

0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger