Home » » Shawn Fanning - Salah Satu Sang Pendiri Napster

Shawn Fanning - Salah Satu Sang Pendiri Napster


    Shawn Fanning (lahir November 22, 1980) adalah seorang programmer komputer Amerika, Serial Enterpreneur, dan Angel Investor. Dia seorang pengembangkan Napster, salah satu dari peer-to-peer ("P2P") file Sharing platform yang paling populer, tahun 1998 bersama Sean Parker. Popularitas Napster tersebar luas dan Fanning menjadi bahan pembicaraan hingga akhirnya dia berada pada sampul majalah Time Magazine.

       Situs dalam inkarnasi awal P2P yang gratis ditutup pada tahun 2001 setelah gagal banding dengan perusahaan dari perintah pengadilan , hal ini dipacu  timbulnya pelanggaran hak cipta oleh napster yang akhirnya.dari perusahaan yang banyak mendorong berbagi ilegal materi hak cipta, Napster ditutup.
Namun Napster setuju untuk membayar pencipta lagu dan pemilik hak cipta sebesar US $26 juta sebagai ganti rugi penggunaan musik masa lalu, dan juga sebagai bayaran muka untuk lisensi royalti masa depan sebesar US$10 juta. Untuk membayar denda tersebut, Napster berusaha untuk mengganti layanan gratis mereka menjadi layanan dengan pembayaran langgangan. Penyelesaian prototipe diuji pada musim panas 2002, tetapi tidak pernah dibebaskan untuk umum.

     Fanning dibesarkan di Harwich, Massachusetts di Cape Cod dan lulus dari Sekolah Tinggi Harwich pada tahun 1998. Selama waktunya di sekolah tinggi dan setelah ia lulus, ia menghabiskan sebagian besar waktunya di internet oceanside bisnis pamannya perusahaan bernama Chess.net, menghadap Nantasket Beach di Hull, Massachusetts.  

     Dia menghabiskan musim panas dengan pamannya di Hull, tidur di sofa, dan menghabiskan banyak waktunya bereksperimen dan pemrograman komputer di waktu luangnya, yang akhirnya menyebabkan perkembangan nya Napster. Selama masa kecilnya dan remaja, Shawn pernah tinggal di tangguh, kerah biru, kota-kota urban seperti Rockland, Massachusetts dan Brockton, Massachusetts sebelum pindah ke kota oceanside lebih tenang & kecil Harwich.

      Setelah lulus, Shawn menghadiri Northeastern University dengan jalur beasiswa. Shawn sangat cerdas disamping ia sudah tahu semua materi yang diajarkan kepadanya di kelas. dia pernah ingin menempati kelas yang lebih tinggi sebelumnya, tetapi  ia tidak memenuhi syarat untuk masuk, Bahkan sempat kemudian, Shawn menjadi frustrasi karena dia sudah belajar semua materi yang diajarkan kepadanya oleh para profesor dan tutor dan akhirnya keluar dari Northeastern pada tahun 1999. Selama di Northeastern, Shawn telah memulai tahap perkembangan Napster dan Napster telah menyebar cepat di Northeastern dari penemuannya. Shawn keluar dari perguruan tinggi untuk mendedikasikan penuh waktu untuk program Napster tersebut.

      Pada tanggal 1 Juni 1999, Shawn merilis sebuah program beta awal dari Napster dan segera, ratusan mahasiswa di Northeastern naik dan musik perdagangan marah. Segera setelah ia upload program beta dari Napster, Shawn dipindahkan perusahaannya dari markasnya di Hull, Massachusetts ke lokasi yang lebih luas di San Mateo, California, dan menyewa pekerja tambahan untuk memperbaiki Program Napster.  

     Nah Mungkin itu sedikit bigraphy dari Shawn Fanning salah satu pendiri dan pengembang Napster, ternyata selain Sean Parker, ada Shawn Fanning yang termasuk komponen yang telah mendirikan Napster, semoga sedikit artikel saya bermanfaat.

sekian
http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

special thanks for 
wiki

0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger