Home » , , » Mengapa Muntah Keluar dari Mulut

Mengapa Muntah Keluar dari Mulut

Di artikel saya yang lain, Saya membuat postingan mengenai "Mengapa Kita Bisa Muntah". Nah sekarang saya akan memberi sedikit artikel mengenai mengapa muntah keluar dari mulut ? artikel ini saya kutib dari salah satu blog, saat saya search di google. sayangnya lupa URLnya.
 
 
Jadi, begini, menurut perkataan guru biologi saya yang baik hati, ramah, tidak sombong dan suka menabung (apaan sih?), proses terjadinya muntah adalah sebagai berikut:

 
-Pertama, rangsangan yang menyebabkan muntah dirasakan oleh saraf-saraf yang tugasnya menerima rangsangan, misalkan saya pakai contoh orang yang muntah karena melihat bangkai, rangsangan visualisasi bangkai ditangkap oleh matanya.
 
-Kemudian, rangsangan tersebut disampaikan oleh si saraf kepada otak kita, ia pun berkata "hey otak, lihat! ada bangkai di depan, muntah yuk" (ya kira-kira seperti itu lah)
 
-Di otak kita terdapat pusat muntah, dia lah yang menerima rangsangan itu, setelah itu pusat muntah ini akan memerintahkan tubuh kita untuk memulai proses muntah, maka dikirimkanlah respon kepada organ-organ pencernaan kita agar segera melakukan prosesi pemuntahan
 
-Maka, organ pencernaan pun mulai beraksi, mereka melakukan gerakan peristaltik atau meremas-remas yang berkebalikan dengan gerakan meremas-remas saat kita mencerna makanan, dengan kata lain mereka melakukan gerakan mendorong makanan ke atas menuju mulut kita, di samping itu otot-otot pernapasan akan berkontraksi melawan celah suara yang tertutup sehingga terjadi pembesaran kerongkongan, selain itu kandung kemih juga ikut berkontraksi
 
-Karena hal tersebut, perlahan tapi pasti makanan mulai naik dari lambung ke kerongkongan lalu melontar keluar melalui mulut, sedangkan makanan yang ada di usus dua belas jari sebagian naik kembali ke lambung,
 
-And finally, uueeekk.... muntah pun terlaksana dengan sukses, makanan anda keluar lagi cuy. Tapi, kalau otot perut kembali relaksasi saat makanan baru mencapai kerongkongan, kemungkinan makanan bisa kembali ke lambung sehingga muntah pun di-delay.
 
-Disaat kita muntah, juga terjadi hal-hal berikut: peningkatan produksi air ludah, penigkatan kecepatan pernapasan, peningkatan detak jantung dan pelebaran pupil mata.

Nah bagaimana? menarik kan ? ternyata seperti itu ya proses terjadi nya muntah yang keluar dari mulut, sayapun baru tahu, semoga sedikit artikel ini bermanfaat,


--sekian--

0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger