Home » » Fakta Menarik tentang Hompimpa

Fakta Menarik tentang Hompimpa

       HOMPIMPA ALAIKUM GAMBRENG  pasti masih ingatkan ama kalimat tersebut, yap kalimat itu sering kali di gunakkan dalam game baik Jumpret Singit (Petak umpet), atau permainan desa lainnya. tapi taukah kita apa c maksud dari kalimat tersebut?, apa artinya kalimat tersebut? artikel kali ini mari kita bahas tentang kalimat tersebut. here we go..!!

     Hompimpa adalah sebuah cara untuk menentukkan siapa yang menang dan kalah dengan menggunakkan telapak tangan yang dilakukkan oleh minimal tiga orang. secara bersama-sama perserta mengucapkan Hom-Pim-Pa. sambil mengnyapu kan tangan ke kiri dan kanan, lalu mengucapkan Alaium-Gambreng tangan kita menghadapkan telapak tangan menghadap ke atas atau ke bawah. Dalam budaya betawi, Hompimpa dilakukkan dengan lagu, "Hompimpa alaium gambreng, Mak Ipah pake baju rombeng.".

       
        Pemenang adalah perserta yang memperlihatkan telapak tangannya yang paling berbeda dengan peserta yang lainnya. Ketika perserta lainnya sudah menang semua, tinggal 2 orang, maka dua orang terakhir untuk kalah dan menang di tentukan dengan menggunakkan suit  atau suten .

       Tapi taukan selama ini kita tahu tidak makna dari  Hom-Pim-Pa-Alaium-Gambreng`? jadi setelah lihat acara TV Kick Andy ternyata dijelaskan arti dari kata Hompimpa, arti dari kalimat "Hompimpa Alaium Gambreng" adalah "Dari Tuhan Kembali Ke Tuhan, Mari Kita Bermain !!!".

      Hompimpa pun Memiliki arti tersendiri selain  sebagai penentu pemenang game, Hompimpapun dapat memiliki arti sebagai simbol dari permulaan dari segalanya, mencerminkan sikap bermusyawarah yang tinggi. serta melatih sikap menerima kesepakatan, sehingga menumbuhkan sikap kebersamaan antar individu :)

     Nah kini udah tau kan makna dari Hompimpa dan Apa Arti dari Hompimpa itu sendiri. ternyata Hom-Pim-Pa sendiri memiliki arti yang tinggi juga yah dalam kehidupan, semoga rtikel saya ini bermanfaat, :)

--sekian--

10 komentar:

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger