Home » , , » Fakta Menarik Alasan Orang Mengantuk

Fakta Menarik Alasan Orang Mengantuk

Nah pernahkah kita bertanya-tanya kenapa yah bisa seseorang bisa merasakan mengantuk? Mengapa kita di malam hari selalu mengantuk? apa saja penyebab orang merasakkan mengantuk? Nah Disini mari kita akan bahas tentang hal apa sajakah yang membuat seseorang bisa merasakkan kantuk, semoga artikel ini bermanfaat :)


Mengantuk sering dirasakkan seseorang ketika malam hari, tapi tak jarang juga seseorang di siang hari juga merasakkan mengantuk, tapi bagaimanakah sebenarnya alasan seseorang bisa merasakkan kantuk?

Rasa kantuk dapat menggangu pekerjaan, dan dapat berbahaya jika seseorang berkendara dan dapat mengurangi kualitas hidup dan produktivitas. Lebih jauh, kantuk juga merupakan gejala adanya masalah kesehatan.

Seperti dikutip dari lifemojo inilah yang menyebabkan tubuh mudah merasakan kantuk :

1. Kurang tidur

 Secara umum, seseorang membutuhkan tidur delapan jam sehari, Jika kurang dari itu, dapat menyebabkan gangguan konsentrasi dan kesehatan, sehingga orang mudah merasakan kantuk. Karena alasan itu, pastikanlah tubuh memperoleh istirahat yang cukup. Tubuhpun sangat butuh Istirahat untuk menyeimbangkan fungsi tubuh yang terus menerus di pekerjakkan. dengan adanya istirahat tubuh memiliki waktu untuk merileksasikkan otot-otot yang tegang akibat banyaknya aktivitas yang di lakukkan pada pagi hingga sore hari. dan mengantuk adalah salah satu cara tubuh mengingatkan kita untuk istirahat.

2. Memiliki masalah tidur

 
Gangguan tidur seperti nafas yang tiba - tiba terhenti, mendengkur atau sering bangun dapat membuat kualitas tidur berkurang dan tubuh akan merasakan kantuk keesokan harinya, meskipun seseorang telah tidur delapan jam di malam hari. saat tubuh merasa capek, tubuh akan memberi respon dengan rasa kantuk yang kita rasakkan, hal itu menandakkan bahwa tubuh kita butuh istirahat.

3. Anemia

 
Kekurangan sel darah merah akan membuat orang merasa lelah dan mengantuk, terutama pada wanita selama masa menstruasi. Guna menanggulanginya konsumsilah banyak makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran berdaun hijau, ati dan sereal. Anemiapun terkadang melanda para remaja, para remaja sekarang lebih senang keluar malem dengan pergi bareng temen-temennya nongkrong. ngopi hingga dia tidak bisa tidur, sebenarnya hal seperti ini berbahaya karena tubuh butuh istirahat dan kita memaksakan tubuh kita untuk terus bekerja

4. Gangguan saluran kemih

 
Gangguan seperti infeksi dapat menyebabkan luka dan terbakar yang sering terjadi pada malam hari sehingga hal itu menganggu tidur.

5.Diabetes

 
Fluktuasi kadar gula darah dapat menyebabkan tubuh kehilangan energi yang menyebabkan keletihan dan kantuk tanpa sebab yang diketahui. Dan Juga satu gejala klasik diabetes adalah terlalu banyak kencing yang menggangu tidur.

6. Peralihan Kerja

 
Memiliki pekerjaan dengan shift malam dapat mengganggu pola tidur normal dan waktu biologis tubuh, hal itu membuat orang merasa mengantuk selama seharian.


--sekian--
goresan-kecil-chara.blogspot.com

special thanks for

0 komentar:

Posting Komentar

Translator :)

Popular Posts

Followers

Ask For Me

 
Support : Just IE
Copyright © 2013. Just IE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger